Sitobo Lallang Lipa Disiapkan Kerajaan Gowa di Festival Maradika Mamuju

Wacana.info
(Foto/Istimewa)

MAMUJU--Raja Gowa ke XXXVIII PYM Andi Kumala Andi Idjo menjanjikan tampilan kesenian khas kerajaan Gowa di pada gelaran festival Maradika Mamuju tahun 2019 nanti. Sitobo lallang lipa dijanjikan Andi Kumala Andi Idjo pada even yang rencananya akan dilangsungkan 16-18 Desember 2019.

Sitobo lallang lipa adalah tradisi adat khas Bugis-Makassar yang dulunya dilakoni para kaum laki-laki dalam menyelesaikan masalah dengan berduel menggunakan senjata tajam di dalam sebuah sarung. Tradisi itu diikuti oleh dua orang dari pasukan tubarani dari kerajaan Gowa. 

Dikutip dari rilis Humas Pemkab Mamuju, rencananya sebanyak 40 orang akan diboyong kerajaan Gowa pada festival Maradika Mamuju. 

Kerajaan Denpasar, Bali juga menjanjikan penampilan khas di Festival Maradika Mamuju. 

Sebuah tarian khas Bali berdurasi dua jam non stop jadi hal itu yang dijanjikan PYM Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan SH dalam pertemuan singkat bersama ketua panitia festival Maradika Mamuju, Irwan Pababari dan Maradika Mamuju, Andi Maksum Dai serta Unsur Gala'gar Pitu di d'Maleo Maleo Mamuju, Senin (28/10) kemarin. (*)