Sudah Ditetapkan, Pimpinan AKD Didominasi Wajah Lama

Wacana.info
Pintu Utama DPRD Sulbar. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Usai pelantikan, pembambilan sumpah/janji pimpinan DPRD Sulawesi Barat definitif, lembaga legislatif Sulawesi Barat itu langsung tancap gas. Kompisisi Alat Kelengkapan DPRD (AKD) pun tuntas disusun, Senin (28/10).

Mulai dari pimpinan IV Komisi yang ada, hingga perangkat DPRD lainnya disepakati secara aklamasi di internal DPRD Sulawesi Barat.

Informasi yang diperoleh, dari enam AKD yang ada, lima diantaranya dinahkodai wajah lama.

Berikut komposisi AKD di DPRD Sulawesi Barat:

1. Ketua Komisi I: Syamsul Samad (Demokrat)
2. Ketua Komisi II: Sukri Umar (Demokrat)
3. Ketua Komisi III: Rayu (PDI Perjuangan)
4. Ketua Komisi IV: H Sudirman (Golkar)
5. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah: H Syahrir Hamdani (Gerindra)
6. Ketua Badan Kehormatan: Sukardi M Noor (Demokrat)

"Semua aklamasi. Prosesnya memang sudah kita godok sejak selesai pelantikan Anggota DPRD Sulbar yang lalu. Memang sempat berlangsung dinamis, hanya saja di ujungnya semua bisa diselesaikan dengan baik hingga terpilih nama-nama itu," ujar Ketua Fraksi Demokrat, DPRD Sulawesi Barat, Syamsul Samad kepada WACANA.Info.

Tentang komposisi AKD yang didominasi wajah lama, Syamsul mengatakan, semuanya murni keputusan bersama. Hasil komunikasi lintas partai yang telah dilakukan.

"Mungkin juga muncul kesadaran bersama bahwa nama-nama itu dianggap sudah berpengalaman," kata Syamsul yang Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat itu.

Selanjutnya, 45 legislator Sulawesi Barat tersebut dijadwalkan bakal melakoni agenda reses. Kembali ke Dapil masing-masing untuk menyerap aspirasi konstituen selama lima hari.

"Setelah itu baru kita masuk di agenda pembahasan R-APBD tahun 2020," pungkas Syamsul Samad. (Naf/A)