Habsi Wahid: Perusda Harus jadi Solusi Perkembangan Ekonomi Masyarakat

Wacana.info
Bupati Mamuju, Wahid Melantik Jajaran Direksi Perusda Mamuju. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Bupati Mamuju, Habsi Wahid melantik Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) di aula kantor Bupati Mamuju, Senin (7/10).

Besar harapan Habsi Wahid atas peran-peran vital yang idealnya diambil oleh Perusda. Habsi menjelaskan, jajaran direksi Perusda baiknya tak perlu langsung mensejajarkan diri dengan perusahaan swasta karena.

"Kondisinya akan sangat berbeda. Mereka dituntut untuk dapat bekerja efektif karena keterbatasan Perusda selama ini. Kerja tidak usah pakai dasi, biar baju kaos oblong asal semangat itu lebih baik" beber Habsi di hadapan para tamu undangan yang sempat menghadiri pelantikan direksi Perusda Mamuju.

Tak elok bagi Perusda untuk menggunakan prinsip ekonomi murni dalam arti mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan modal yang kecil. 

"Melainkan Perusda harus menjadi solusi terhadap perkembangan ekonomi masyarakat," harap dia.

Habsi merinci, Perusda dapat mengelola sejumlah fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah, seperti lima bus angkutan yang akan diserahkan ke Perusda, maupun kapal laut bantuan pemerintah lewat bantuan pemerintah pusat yang juga berpotensi dikelola.

"Jika perusda Mamuju tidak dilengkapi dengan fasilitas dan permodalan yang memadai, maka harus pula realistis. Tidak boleh memberikan espektasi berlebihan terhadap mereka, olehnya Eksekutif dan legislatif harus dapat bersinergi untuk memikirkan hal tersebut," tandas Habsi Wahid.

Sementara itu, ditektur utama Perusda Mamuju, Abd.Gafur mengatakan, jajaran direksi harus segera menyesuaikan diri untuk mengimbangi kemajuan Mamuju yang terus bergerak maju.

"Dan segera berupaya melakukan inovasi agar Perusda perlahan dapat menghadirkan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat," urai Gafur.

Untuk diketahui, selain Abd.Gafur nama-nama yang masuk dalam jajaran direksi Perusda Mamuju masing-masing, Herlin sebagai direktur SDM, Hendra Muhammad sebagai direktur keuangan dan aset, serta Irman sebagai direktur pemasaran. (*/Naf)