Mengintip Persiapan Mereka yang Akan Dilantik di Senayan

Wacana.info
Gedung DPR RI dan DPD RI. (Foto/Net)

MAMUJU--Delapan perwakilan asal Sulawesi Barat bakal dilantik sebagai Anggota DPR RI dan DPD RI, Selasa, 1 Oktober 2019 besok. 

Nama-nama seperti Arwan Aras, Andi Ruskati, Ratih Megasari Singkarru dan Suhardi Duka adalah deretan nama yang bakal dilantik sebagai Angota DPR RI dari Dapil Sulawesi Barat.

Sementara Andri Prayoga Putra Singkarru, Iskandar Muda Baharuddin Lopa, Almalik Pababari dan Ajbar adalah empat nama perwakilan Sulawesi Barat yang bakal dilantik sebagai Anggota DPD RI.

Sudah barang tentu, nama-nama di atas kini sudah berada di ibu kota, menunggu momentum pelantikan. Lantas, seperti apa persiapan mereka menuju momentum pelantikan Anggota DPR RI dan DPD RI tersebut ?.

Kepada WACANA.Info, Arwan Aras mengaku tak punya persiapan khusus menuju momentum pelantikan. Ia hanya ingin memastikan komitmen untuk mengabdikan diri buat Sulawesi Barat.

"Gak ada yang spesial. Cuman memastikan diri terhadap komitmen mengabdikan diri buat Sulbar," papar Arwan.

Arwan Aras. (Foto/net)

Untuk memastikan kondisinya tetap fit di momentum pelantikan besok, Arwan cukup mengkonsumsi water infus; air mineral yang dicampur dengan lemon serta mint.

Sebelum dilantik, Andi Ruskati sempat mengikuti diklat di sekolah kader Gerindra selama tiga hari. Istri Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar itu berada di Hambalang dalam agenda tersebut.

"Tujuan diklat ini juga dibuat untuk memperkuat wawasan kebangsaan dan nasionalisme para pejuang politik partai Gerindra," beber kader muda GMD (Gerindra Masa Depan) Sulawesi Barat, Muhammad Ashar.

Kata Ashar, selama di Hambalang, Andi Ruskati menerima serangkaian materi terkait apa dan bagaimana menjalankan tugas dan fungsi sebagai Anggota DPR RI.

Andi Ruskati Saat Mengikuti Dikllat dan Pembekalan Anggota DPR RI di Hambalang. (Foto/Istimewa)

"Mulai dari fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, representasi, dan diplomasi," beber Muhammad Ashar.

Sementara Suhardi Duka, pria yang Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat itu mengaku tak punya persiapan khusus menuju momentum pelantikannya sebagai Anggota DPR RI. Dihubungi belum lama ini, SDK, begitu ia akrab disapa, mengaku sama sekali tak mempersiapkan apa-apa.

"Tidak ada yang disiapkan. Tidak ada," cetus SDK yang ditemui di sela-sela pelantikan Anggota DPRD Sulawesi Barat, 26 September 2019 yang lalu.

Suhardi Duka. (Foto/Manaf Harmay)

Apa Kabar Putra Putri Hendra Singkarru ?

Hendra Singkarru mungkin saja jadi ayah yang paling berbahagia saat ini. Betapa tidak, putra putrinya sama-sama 'gol' ke Senayan pada Pemilu April 2019 lalu.

Ratih Megasari Singkarru, Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Barat dari partai NasDem sukses melenggang ke DPR RI dengan raihan suara sebanyak 30.946 sudah cukup bagi Ratih untuk duduk di kursi DPR RI. 
Pun dengan Andri Prayoga Putra Singkarru, yang sukses jadi salah satu Anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Barat dengan raihan suara 68.870 suara pada gelaran Pemilu April 2019 yang lalu.

Kepada WACANA.Info, keduanya pun membeberkan persiapannya menuju momentum pelantikan Anggota DPR RI dan DPD RI, Selasa, 1 Oktober 2019 besok.

Ratih Megasari Singkarru. (Foto/Net)

"Persiapan menjelang pelantikan besok, kami para anggota MPR (DPR dan DPD mendapatkan pembekalan mengenai empat pilar kebangsaan. Dan persiapan hari ini ada jadwal gladi bersih untuk acara pelantikan bsok," papar Ratih Megasari Singkarru via What's App.

Ratih, perempuan berhijab itu juga berharap dukungan dari masyarakat Sulawesi Barat selama ia mengabdikan diri sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024 mulai besok.

"Persiapan mental mas, karena mulai besok sudah harus melaksanakan tugas untuk mengemban amanah masyarakat," begitu kata Ratih Megasari Singkarru.

Andri Prayoga Putra Singkarru sendiri mengaku telah mengikuti serangkaian kegiatan dalam masa orientasi dan pembekalan. Ia pun bersiap untuk melakoni agenda gladi bersih untuk persiapan acara pelantikan Anggota DPR RI dan DPD RI, Selasa besok.

"Selain pelantikan, besok juga akan dilaksanakan sidang sub wilayah timur 1 dengan agenda pemilihan calon pimpinan DPD RI. Saya sebagai anggota termuda sub wilayah tersebut diberi amanat untuk memimpin sidang bersama dengan anggota tertua," urai Andri Prayoga Putra Singkarru.

Andri Prayoga Putra Singkarru. (Foto/Manaf Harmay)

Situasi keamanan jelang prosesi pelantikan Anggota DPR RI dan DPD RI juga terus dipantau Andri. Aksi unjuk rasa yang sejak beberapa hari terakhir terus tersaji di seputar Senayan mendapat perhatian serius dari Andri, 

"Namun hal itu (aksi unjuk rasa) tidak masalah bagi saya. Karena menurut saya, penyampaian aspirasi masyarakat itu jauh lebih penting. Hanya saja saya harapkan semua kegiatan berjalan secara kondusif dan aman," beber dia.

Tak ada persiapan khusus yang dilakukan Andri jelang pelantikan. Ia hanya ingin memastikan kondisinya stabil menuju momentum bersejarah, pelantikan Anggota DPR RI dan DPD RI, Selasa, 1 Oktober 2019.

"Persiapan khusus hanya gladi bersih buat pimpin sidang sub wilayah timur untuk memilih pimpinan DPD RI. Termasuk istirahat yang cukup karena besok agendanya sangat padat," simpul Andri Prayoga Putra Singkarru. (Naf/A)