Catat, Ini Rangkaian Festival Karampuang Tahun 2019

Wacana.info
Festival Karampuang Tahun 2019. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Minggu, 15 September 2019 besok, Festival Karampuang; even pariwisata yang diinisiasi oleh pemerintah provinsi Sulawesi Barat resmi digelar.

Kegiatan yang akan berpusat di dua titik (Pulau Karampuang dan Anjungan Pantai Manakarra) itu menjanjikan ragam kegiatan kepariwisataan dari 15-17 September 2019.

Festival Karampuang akan dimulai dengan agenda gowes Karampuang. Bersepeda di salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten Mamuju itu rencananya akan diikuti oleh 100 peserta.

"Melintasi jarak enam sampai tujuh Kilometer pada kobinasi paving blok, jalan setapak, jalan tanah dan jalan pengerasan. Start di dusun Karampuang I, finish di Ujung Bulo," bunyi laporan persiapan Festival Karampuang yang diperoleh WACANA.Info, Sabtu (14/09).

Masih di hari yang sama dan di lokasi yang sama, agenda Festival Karampuang akan dilanjutkan dengan passilumba lepa-lepa. Rencananyam kegiatan tersebut akan diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari masyarakat Pulau Karampuang.

Kemudian ada penamaan spot diving secara simbolik di dua titik.

"Yaitu spot teluk penyu dan spot pygmi. Penamanaannya atas saran masyarakat dan komunitas diving merujuk pada habitat yang menempati spot itu," masih dari laporan yang sama.

Hari kedua, Senin, 16 Seprember 2019, Festival Karampuang akan mengambil titik utama di Anjungan Pantai Manakarra. 

Di hari kedua pelaksanaan Festival Karampuang itu akan dimeriahkan oleh karnaval yang diikuti tim keseian dari seluruh kabupaten di Sulawesi Barat, ditambah perwakilan SMA di kabupaten Mamuju, komunitas pariwisata, kelompok marching band dan putri kebudayaan Sulawesi Barat tahun 2019.

"Setelah itu pembukaan Festival Karampuang oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, dilanjutkan dengan kunjungan Gubernur dan rombongan ke stand pameran yang akan menampilkan beragam hasil kerajinan tangan, kain tenun khas, souvenir yang diisi oleh Dinas Pariwisata kabupaten, pengrajin, pengusaha kuliner, dan hasil kreasi komunitas pariwisara," begitu lanjutan laporan persiapan Festival Karampuan tahun 2019.

Lalu di malam hari, akan dilaksanakan pertunjukan seni dari kabupaten se Sulawesi Barat, band performance serta doorprize untuk masyarakat.

Selasa, 17 September 2019 alias hari terakhir pelaksanaan Festival Karampuang masih akan digelar di Anjungan Pantai Manakarra. Di sana akan ada penampilan kesenian dari kabupaten dan sanggar seni.

Ada pun sanggar seni yang akan terlibat diantaranya, Gina Bahana Malaqbi Mamuju, Tasende Malunda, Sulobulawang Sendana sekaligus dirangkaikan dengan acara penutupan Festival Karampuang tahun 2019. (*/Naf)