Serahkan BSPS ke Masyarakat, Ini Kata Habsi Wahid

Wacana.info
Bupati Mamuju Menyerahkan Program BSPS Kepada Masyarakat. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Bupati Mamuju, Habsi Wahid berksempatan untuk menyerakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk kategori (T0) sebanyak 400 unit di ruang pola kantor Bupati Mamuju, Selasa (13/08).

BSPS untuk T1 sebanyak 500 unit sebelumnya juga sudah diserahkan ke penerima bantuan Juni 2019 lalu. BSPS, kata Habsi, merupakan bantuan pembiayaan renovasi rumah tak layak huni yang digelontorkan pemerintah lewat SNVT Perumahan Sulawesi Barat.

Pada kesempatan itu, Habsi Wahid menjelaskan, program BSPS adalah upaya pemerintah dalam mengatasi tingkat kemiskinan karena rumah yang tak layak huni. Program tersebut sedianya juga telah termaktub dalam rencana pemerintah kabupaten Mamuju dalam program pembangunan jangka lima tahun. 

"Kehadiran BSPS sangat membantu masyarakat untuk memperbaiki kualitas kebutuhan mendasar mereka dengan memiliki rumah yang layak. Tentu hal tersebut akan daoat memperbaiki segala aktifitas yang mungkin dulunya sulit untuk dilakukan di rumah," beber Habsi Wahid seperti dikutip dari rilis media Humas Pemkab Mamuju.

Di tempat yang sama, PPK rumah swadaya, SNVT penyediaan perumahan Sulawesi Barat, Herwan Panunju menguraikan, BSPS untuk T1 sebanyak 500 unit yang diserahkan pada Juni lalu adalah yang dikategorikan siap untuk dikerjakan. Sedangkan untuk T0 sebanyak 400 unit yang baru akan akan memulai prosesnya, berupa pendataan, verifikasi sampai pencairannya anggarannya.

Ia merincikan, bantuan yang akan disalurkan untuk program BSPS ini sebesar Rp 15 Juta untuk biaya pembelian bahan bangunan, serta Rp 2,5 Juta untuk ongkos kerja. (*/Naf)