Seni dan Budaya Tak Boleh Berhenti di Atas Panggung Saja

Wacana.info
Ketua DKKM, Irwan Pababari. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Dewan Kesenian dan Kebudayaan Mamuju (DKKM) direncanakan bakal memeriahkan HUT Mamuju ke-479 tahun 2019 ini. Serangkaian pementasan kesenian khas Mamuju akan ditampilkan selama tiga hari berturut-turut; 11-14 Juni 2019.

Ketua DKKM, Irwan Pababari menyebut, pementasan seni tersebut adalah upaya nyata dalam membumikan khazanah budaya Mamuju di tengah masyarakat..

"Kami memandang bahwa budaya yang ada di Mamuju bukan hanya dilihat sebagai realita saja, tetapi harus diaktusalisasikan," papar Irwan kepada WACANA.Info, Rabu (3/07).

Irwan juga berharap, ragam kesenian dan kebudayaan yang ada di Mamuju tak boleh berhenti pada pementasan panggung semata. Yang jauh lebih penting, kata Irwan, bentuk kebudayaan tersebut wajib mewabah dan terjewantahkan dalam tingkah laku masyarakat.

"Harus teraktualisasikan di dalam kehidupan maysrakat. Kami punya misi untuk bagaimana mewabahkan ke semua orang tentang budaya Mamuju ini," begitu kata Irwan, pria yang Wakil Bupati Mamuju itu.

Untuk informasi, ragam pementasan seni dan budaya Mamuju akan dipertontonkan pada perayaan HUT Mamuju ke-479. Diantaranya, tari tradisional, tari modern, musik tradisional dan lagu daerah.

Selain itu, beragam lomba kebudayaan pun juga akan dilaksanakan DKKM di momen yang sama, lomba cipta puisi, lomba baca puisi serta lomba fashion show tenun khas Mamuju. (Naf/B)