Pemkab Majene Berencana Dirikan Politeknik

Wacana.info
Penandatanganan MoU antara Pemkab Majene dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang. (Foto/Istimewa)

MAJENE--Pemerintah kabupaten Majene berencana untuk mendirikan Politeknik sebagai upaya mewujudkan Majene sebagai pusat pendidikan di provinsi Sulawesi Barat. Bupati Majene, Fahmi Massiara mengatakan, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, dibutuhkan inovasi dan pengembangan di bidang pendidikan.

Salah satu caranya dengan membentuk berbagai sekolah unggulan, institut atau Perguruan Tinggi.

"Pendirian Politeknik bertujuan menciptakan tenaga kerja, khususnya di kabupaten Majene dan provinsi Sulbar pada umumnya," beber Fahmi saat memberikan sambutan di acara Penandatanganan MoU antara Pemkab Majene dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang, Selasa (9/04).

Fahmi menambahkan, kabupaten Majene sebagai pusat pelayanan pendidikan, telah memiliki beberapa Perguruan Tinggi Negeri. Namun di sisi lain, pemerintah juga memerlukan sebuah Perguruan Tinggi yang dapat langsung mencetak generasi siap pakai untuk bekerja.

Pemerintah kabupaten Majene pun telah membentuk tim perumus pendirian kampus berbasis teknik tersebut. Kata Fahmi, tim perumus yang diketuai Prof. Dr. Gufran atau Ketua Dewan Riset Daerah Majene ini telah menyusun draft kesepakatannya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Ir. Muhammad Anshar mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten Majene itu. Menurut dia, merencanakan pendirian Politeknik Negeri di Majene adalah langkah yang tepat.

"Karena itulah tumpuan harapan ke depan untuk menyiapkan tenaga siap pakai di Majene," beber Anshar dalam sambutannya.

Anshar mengungkapkan, Politeknik yang dipimpinnya saat ini mulai didirikan pada Tahun 1987 dengan nama awal Politeknik Unhas. Namun setelah tahun 1998 berubah menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Politeknik Ujung Pandang menyediakan enam jurusan, diantaranya teknik mesin, sipil, elektro, kimia, industri, akuntansi dan administrasi. Serta terdiri dari 25 program studi.

"Saya juga tahu Bupati Majene adalah seorang lulusan S3 atau Doktor. Saya yakin kalau Politeknik akan sangat berkembang di Majene," tandasnya.

Penandatanganan MoU antara Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan Bupati Majene itu digelar di Kampus Politeknik Unhas Tammalanrea Makassar. (Rumi/B)