Pemilu Kurang Sebulan Lagi, Bagaimana Pencetakan dan Pendistribusian Surat Suara ?

Wacana.info
Simulasi Pemungutan Suara yang Digelar KPU Mamuju. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Kurang sebulan lagi pesta demokrasi Pemilu bakal digelar. Selain memantapkan data pemilih, kebutuhan logistik pada pelaksanaan Pemilu pun masih jadi barang yang terus diurus oleh KPU.

Khusus untuk kabupaten Mamuju, baru sebagian logistik yang sudah siap. KPU Mamuju sisa menunggu proses pencetakan surat suara yang hingga kini masih terus dirampungkan.

"Pencetakan dan distribusi surat suara, sampai saat ini kami belum dapat informasi tentang itu. Hanya saja yang kami tahu dari ketua KPU provinsi katanya bahan baku pembuatan surat suara itu sudah tiba di Makassar," beber Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang, Rabu (20/03) kemarin.

Meski begitu, Hamdan mengaku belum punya informasi perihal surat suara untuk kabupaten mana yang akan dicetak lebih dulu. Sekedar informasi, proses pencetakan dan pendistribusian surat suara untuk KPU se Sulawesi Barat direncanakan dilakukan dari rentang waktu 20 sampai 30 Maret 2019.

"Hanya kita tidak tahu apa yang duluan dicetak. Karena pada saat koordinasi dengan pihak percetakan, katanya mereka juga tidak bisa memastikan, apakah yang didahulukan itu berdasarkan jumlah DPT terbanyak atau yang paling terjauh," ujar dia.

Lantas, bagaimana proses pendistribusian surat suara di kabupaten Mamuju di tengah semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2019 ?.

"Kita punya waktu itu paling satu minggu (sortir dan distribusi). Karena macam kecamatan Bala Balakang itu seminggu sebelum hari H itu sudah harus didistribusikan. Jadi kami akan perbanyak tenaga pelipat," pungkas Hamdan Dangkang. (Naf/B)