Minim Anggaran, KONI Apresiasi Pemkab Majene untuk Porprov Sulbar

Wacana.info
Peninjauan Venue Porprov. (Foto/Istimewa)

MAJENE--Ketua Komitem Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Barat, Abdul Hamid mengapresiasi kinerja Pemkab Majene yang menurutnya telah berupaya maksimal untuk menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porporov) ke-III Sulawesi Barat.

Hamid mengatakan, kabupaten Majene selaku tuan rumah dianggap sudah sangat baik dalam mempersiapkan segala infrasturktur pertandingan. Meski dalam pelaksanaannya masih ada beberapa venue yang belum rampung dikerjakan.

Hamid mengaku telah meninjau langsung proses pekerjaan fasilitas Porprov di lapangan. Ia pun telah berbincang dengan para pekerja. Kata Hamid, progres pengerjaanya sudah cukup bagus dan bisa selesai tepat waktu.

"Beberapa venue sudah kami lihat, ada yang sudah selesai 100 Persen dan sebagian lagi masih 95 Persen," urai Hamid dalam konferensi pers, Sabtu (10/11) kemarin.

Hamid membeberkan, pihaknya menemui beberapa kendala dalam menggelar even olahraga empat tahunan itu, khususnya persoalan anggaran. Kata dia, tahun 2018 ini Koni Sulawesi Barat hanya kebagian dana Rp. 7 Miliar dari Pemprov Sulawesi Barat.

Menurut Hamid, dana senilai itu merupakan yang terkecil jika dibandingkan dengan anggaran yang disediakan untuk menggelar even serupa di beberapa daerah lain di Indonesia. 

"Beda dengan Polman, panitia pelaksana dan penyelenggara masing-masing dananya Rp. 7, 5 Miliar," ungkap Hamid.

Hamid mengatakan pihaknya bukan tidak berupaya agar dana penyelenggaraan Porprov ke-III di Majene bisa maksimal seperti daerah lain. Hamid bilang, sebelumnya pihaknya sudah mengusulkan proposal Rp. 20 Miliar ke DPRD Sulawesi Barat, tapi malah yang disetujui hanya Rp. 2 Miliar.

"Setelah kami bertemu Gubernur kami diberikan biaya untuk oprasional Koni Provinsi dan panitia pelaksana serta panitia penyelenggara hanya Rp. 7 Miliar dengan rincian panitia pelaksana Rp 4, 1 Miliar dan penyelenggara Rp 1, 3 Miliar," cetus Hamid.

Meski dilanda keterbatasan anggaran, Hamid mengaku kekecewaannya sedikit terobati melihat semangat pemerintah Kabupaten Majene untuk menggelar Porprov ini.

"Ini patut kita apresiasi. Semakin kecil anggaran semakin semangat panitia pelaksana," kata Hamid.

Pembukaan Porprov ke-III sedianya akan dilaksanakan, Senin 12 November 2018 di Sport Center Majene yang berada di Lingkungan Rangas, Kecamatan Banggae.

Tak kuranng dari 2 ribu atlet dan official dari seluruh kabupaten di Sulawesi Barat akan hadir pada ceremoni pembukaan Porprov. Informasi yang diperoleh, even olahraga terakbar se Sulawesi Barat itu akan memperebutkan 1.917 medali; 575 emas, 575 Perak dan 767 medali perunggu dari 25 cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan. (Rumi/A)