Resmi, Bawaslu Minta KPU Akomodir Caleg NasDem di Dapil Majene

Wacana.info
Putusan Bawaslu Sulbar. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Bawaslu Sulawesi Barat meminta KPU untuk membatalkan keputusannya terkait penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019. Secara bersamanaan, Bawaslu pun memerintahkan agar KPU mengakomdir tiga Caleg NasDem di Dapil Sulawesi Barat IV (kabupaten Majene).

Keputusan tersebut diambil dalam proses ajudikasi yang digelar di sekretariat Bawaslu Sulawesi Barat, Kamis malam. Dengan keputusan tersebut, partai NasDem akhirnya mendudukkan tiga nama Caleg-nya di Dapil tersebut.

Padahal sebelumnya, di DCT yang telah dipublish KPU Sulawesi Barat sejak beberapa waktu lalu, tak ada satu pun Caleg NasDem di Dapil itu.

Ada pun ketiga nama Caleg NasDem yang oleh keputusan Bawaslu diminta untuk diakomodir KPU masing-masing atas nama; Muslimin S.Sos, Sri Nur Aisyah dan H. Abd Majid.

Terdapat empat poin utama dalam keputusan Bawaslu Sulawesi Barat tersebut. Berdasarkan foto putusan yang diterima WACANA.Info, Jumat (12/10), keempat poin dalam putusan tersebut adalah:

1. Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian;.....;
2. Menyatakan ketiga berkas bakal calon partai NasDem provinsi Sulawesi Barat Dapil Sulbar 4 (kab Majene) atas nama; Muslimin S.Sos, Sri Nur Aisyah dan H. Abd Majid adalah lengkap dan sah;.....;
3. Memerintahkan kepada KPU Sulawesi Barat untuk merubah SK Nomor 108/PL.01.0-kpts/76/Prov/IX/2018 tentang penetapan DCT anggota DPRD Sulawesi Barat Pemilu 201 dengan memasukkan ke dalam DCT yang telah diajukan partai NasDem Sulawesi Barat untuk Dapil Sulbar 4 (kab Majene) masing-masing atas nama; Muslimin S.Sos, Sri Nur Aisyah dan H. Abd Majid;.....;
4. Memerintahkan kepada KPU Sulawesi Barat untuk melaksanakan putusan ini paling lama 3 harui kerja sejak putusan dibacakan;.....;

Saat WACANA.Info hendak mengkonfirmasi seputar lahirnya putusan di atas, Ketua Bawaslu Sulawesi Barat, Sulfan Sulo, serta anggota Bawaslu Sulawesi Barat lainnya, Supriadi Narno yang dihubungi via sambungan telepon tak memberi komentar banyak. (Naf/A)