Kapolri Bilang, Palu Sudah Relatif Aman

Wacana.info
Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar. (Foto/Rajab)

MAMUJU--Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan, kodisi kota Palu saat ini sudah relatif aman pasca dilanda gempa dan tsunami Jumat pekan lalu.

Ia mengatakan, saat ini ribuan aparat kemanan dari TNI dan Polri telah diterjunkan untuk menjami keamanan sekaligus membantu proses evakuasi korban.

"Polri sendiri dari berbagai daerah lebih Seribu sudah masuk. Besnya Balikpapan dan Makassar. TNI juga, Pak Panglima sudah mengirimkan hampir tiga Ribu pasukan," ungkap Tito Karnavian saat menghadiri peresmian Mapolda Sulawesi Barat di Mamuju, Kamis (4/10).

"Tapi kerjaannya banyak. Ada evakuasi, membantu, kemudian mengamankan. Sekarang sudah mulai relatif terkendali," sambungnya.

Meski begitu, Tito Karnavian menyebut, sampai saat ini pasokan listrik masih belum stabil. Dalam waktu dekat, kata dia, kapal yang dapat menyuplai listrik akan segera didatangkan.

"Sebentar lagi menunggu kapal yang besar. Kita kerjasama dengan Turki yang telah lama, dari Kupang digeser ke sana (Palu), kekuatanya empat ratus Megawatt. Tapi ini sekarang tiang-tiang banyak yang roboh, sekarang dibangun. Begitu tiang terbangun, kapal masuk, itu akan terang semua," urai Tito.

Tito meyakini, masuknya suplai listrik akan menjadi langkah awal dalam memulihkan Palu serta daerah lain yang terdampak bencana.

"Kalau sudah terang, listrik bagus. Handphonenya jalan semua, semua oke, baru pasukan banyak kita dorong ke sana. Logistik kirim ke sana banyak. Insya Allah aman, dan kemudian kita lakukan rekonstruksi, Insya Allah tidak akan terlalu lama," tutup Jenderal Polisi Tito Karnavian. (Keto/B)