Puluhan Pengungsi Asal Sulteng Ada di Mamuju, yang Lain Dikabarkan Menyusul

Wacana.info
Pengungsi Asal Sulteng Ada di Mamuju. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Puluhan korban gempa dan tsunami asal Sulawesi Tengah, Selasa (2/10) siang ini singgah di Mamuju. Mereka diketahui sedang dalam usaha keluar dari Palu pasca musibah dahsyat yang terjadi Jumat pekan lalu.

Puluhan pengungsi asal Sulawesi Tengah itu diketahui dengan susah payah untuk keluar dari Palu. Mereka rata-rata masih trauma pasca musibah tersebut.

"Kami mau, bagaimana pun caranya kami bisa keluar dari Palu," tutur Nur Alam, salah seorang pengungsi saat ditemui di posko pengungsian di Rujab Wakil Bupati Mamuju.

Dari data yang diperoleh, sebanyak 40 warga dari kota Palu, Palu Barat dan juga dari kabupaten Sigi, hingga kini sedang berada di Mamuju. Mereka lantas mendapat pemeriksaan kesehatan dari tim medis yang sudah disiapkan.

Para pengungsi tersebut diketahui sedang dalam perjalan meninggalkan Palu menuju beberapa wilayah kabupaten di Sulawesi Selatan. Seperti Pinrang, Sidrap dan beberapa wilayah kabupaten lain di Sulawesi Selatan.

"Kami ada tiga mobil pick up. Tapi tadi sudah ada yang lanjut tadi ini," sambung Nur Alam, ibu asal kabupaten Sigi yang hendak ingin ke Sidrap.

Hamzah, pengungsi asal kota Palu menyebut, rombongannya meninggalkan kota Palu sekira pukul 15.00 Wita kemarin. Mereka baru tiba di kota Mamuju pagi tadi.

"Masih banyak rombongan pengungsi yang di belakang itu Pak. Kami tidak tahu, apakah mereka dapat info kalau ada posko di sini," urainya.

Pantauan WACANA.Info, saat ini, puluhan pengungsi tersebut sedang ada beristirahat di Rujab Wakil Bupati Mamuju. Mereka hanya mengandalkan bantuan logistik yang memang telah tersedia di posko bantuan korban gempa yang letaknya tak jauh dari Rujab Wakil Bupati Mamuju. (Naf/B)