Selamat Bekerja, Rektor Unasman Jabat Ketua Hiski Sulbar

Wacana.info
Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Chuduriah Sahabuddin bersama Beberapa Nama Lain Dilantik Menjadi Ketua dan Pengurtus HIKSI Sulbar. (Foto/Humas Unasman)

POLEWALI--Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Chuduriah Sahabuddin resmi menjabat sebagai Ketua Himpunan Sarjana Kesusatraan Indonesia (HISKI), Komisariat Sulawesi Barat untuk periode tahun 2018-2023. 

Jabatan di atas resmi diduduki Chuduriah pasca dirinya dilantik oleh ketua Hiski pusat, Prof. Dr. Suardi Hendraswara, M.Hum di auditorium Prof. KH. Sahabuddin Unasman, Polewali, Sabtu (15/09) kemarin.

Ketua panitia pelaksana pelantikan, Naim Irmayanti menjelaskan, pelantikan Hiksi Sulawesi Barat tersebut merupakan reaksi dari penurunan kualitas dan karakter bangsa. Akibatnya, rendahnya etos kerja dan pedoman moral dalam dunia pendidikan dan kesusatraan kian nyata saat ini.

“Dewasa ini telah terjadi penurunan kualitas karakter bangsa hingga mencapai titik rendah yang sangat memprihatinkan. Gejala yang terlihat antara lain meningkatnya kekerasan di masyarakat, kejujuran yang diselewengkan, menurunnya sikap hormat pada orang tua, guru maupun pemimpin, meningkatnya konflik dan kebencian, memburuknya pemakaian bahasa, rendahnya etos kerja, rendahnya rasa tanggungjawab serta kaburnya pedoman moral," terang Naim Irmayanti, dosen Bahasa di Unasman itu.

Terpisah, Chuduriah Sahabuddin menjelaskan, HISKI Sulawesi Barat di masa mendatang harus mampu menghidupkan dunia kesusastraan di provinsi ke-33 ini. 

"Terutama kesastraan daerah kita sendiri. Sebagai pioner, maka  HISKI akan memperjuangkan, menghidupkan dan melestarikan kesusastraan di Indonesia. Oleh karena itu, dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan”, ujar Chuduriah Sahabuddin.

Chuduriah, putri dari ulama kharismatik Sulawesi Barat, Almarhum Prof. Dr. KH. Sahabuddin itu pun berharap, HISKI dapat menjadi wadah dan asosiasi bahasa khususnya di Sulawesi Barat. Smua pihak, kata dia, diminya untuk dapat membangun kerjasama yang baik demi terciptanya tujuan di atas.

"Agar HISKI lebih berkembang dan berkontribusi dalam membentuk karakter bangsa, terkhusus di Sulbar yang kita cintai," sambung dia.

Selain dihadiri langsung oleh ketua Hiski Pusat, Prof. Dr. Suardi Hendraswara, M.Hum, juga hadir pada pelantikan yang dirangkaikan dengan gelaran worshop itu di antaranya perwakilan dari Balai Bahasa Sulselbar, Besse Darmawati, SS.,M.Pd dan Jerniati, S.Pd, M.Pd, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Barat, Drs. H. Arifuddin Toppo, M.Pd, serta para budayawan Sulawesi Barat. (*/Keto)