Di Taman Lantas Mamuju, Janji Itu Dinamai ‘Deklarasi Pettarani’

Wacana.info
Pembacaan Deklarasi Pettarani. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Puluhan generasi milenial yang datang dari beragam latar belakang agama, sosial dan kultur Mamuju mendeklarasikan komitmen kebangsaan. Taman lalu lintas di jalan AP Pettrarani jadi lokasi dibunyikannya janji yang dinamai 'deklarasi pettarani' itu, Senin (27/08) malam.

Deklarasi kebangsaan itu diikrarkan oleh para generasi milenial tersebut sebagai bukti atas rasa syukur mereka atas nikmat Tuhan dalam wujud keragaman. 

"Olehnya itu, seluruh sikap dan tindakan hendaklah dibangun berdasarkan nilai, dan semangat untuk saling menghormati dan saling menghargai," bunyi pembuka 'deklarasi Pettarani' itu.

Dalam deklarasi yang dibacakan bersama-sama oleh pulihan generasi milenial Mamuju malam itu, juga ditegaskan betapa paham radikalisme telah nyata mengancam keharmonisan seluruh komponen bangsa yang selama ini telah terjaga.

"Tindakan radikal yang berujung teror dan kekerasan telah nyata mencoreng harmoni kehidupan sesama anak bangsa. Bahkan turut mewariskan wajah suram perjalanan bangsa ini," bunyi deklarasi tersebut.

Berikut lima poin 'deklarasi Pettarani' yang dibacakan generasi milenial Mamuju:

1. Menjunjung tinggi setiap perbedaan anak bangsa. Baik di bidang agama, etnis, suku dan budaya.
2. Menyatakan siap sedia menjalin harmoni kerukunan antar umat beragama.
3. Mengutuk segala bentuk teror dan tindakan kekerasan lainnya, dengan alasan apapun.
4. Mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah segala bentuk teror dan tindakan kekerasan lainnya.
5. Mendorong semua pihak agar mengedepankan kesatuan budaya dalam pergaulan sosial. (*/Naf)