Bicara Soal UMKM, Ini Kata Irwan Pababari

Wacana.info
Pembukaan Pameran UMKM di Mamuju. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari menyebut, pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diprakarsai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbukti begitu membantu pemerintah dalam hal mempromosikan produk lokal. Selain itu, pameran tersebut juga secara langsung dapat mengembangkan pengusaha mikro yang ada di kabupaten Mamuju. 

Hal itu disampaikan Irwan saat membuka acara Pameran UMKM yang digelar di Anjungan Pantai Manakarra, sabtu (18/08).

“Dengan adanya pameran ini, pemerintah dan BUMN bisa saling memback up satu dengan lainnya sehingga kita bisa sinergi. Satu contoh kami memiliki program bagaimana menumbuhkembangkan pengusaha-pengusaha mikro yang ada di sini, dengan adanya kegiatan seperti ini, pemerintah daerah cukup terbantu dalam  hal itu,” terang Irwan Pababari.

Sementara itu, Hasni, salah seorang pengusaha produk lokal saat ditemui mengaku, pameran UMKM tersebut sangat membantu upaya pemasaran terhadap produk yang ia hasilkan.

Ia berharap kegiatan seperti itu dapat terus digelar agar para pengusaha lokal tidak melakukan promosi ke luar daerah yang tentunya membutuhkan biaya yang besar.

Pimpinan Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sulselbar , Agus Supriyanto mengaku bakal terus mendukung pemerintah daerah dalam menciptakan lapangan kerja khsususnya di sektor UMKM. Ia menyebut, keberadaan BUMN di suatu daerah tentu untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Untuk informasi, Pameran UMKM yang diprakarsai oleh BRI Kanca Mamuju tersebut diikuti oleh 40 stand UMKM. Terdiri dari industri kreatif, konten lokal dan industri olahan pangan. (*/Naf)