Sampai Hari ke-6, KPU Masih Sepi Pendaftar

Wacana.info
Ilustrasi. (Foto/Net)

MAMUJU--Hingga memasuki hari ke enam pengajuan pendaftaran pencalonan anggota DPRD, sekretariat KPU terpantau masih sepi. 

Anggota KPU Mamuju divisi Teknis Penyelenggaran Pemilu, Asriani menyebut, sejumlah partai baru sebatas menginformasi jadwal untuk mendaftar.

"Masih sebatas komunikasi, kapan mau datang mendaftar," tutur Asriani kepada WACANA.Info, Selasa (10/07).

Kondisi tak jauh berbeda dengan KPU Sulawesi Barat. hingga hari ini, belum satu pun partai yang secara resmi datang mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya.

Ketua KPU Sulawesi Barat, Rustang mengungkapkan, partai seperti PAN dan Demokrat sudah membuka komunikasi terkait waktu mereka untuk datang mendaftar. Yang lain masih sebatas konsultasi.

"Baru konsultasi tadi, Lo-nya datang. Kemarin PAN hanya informasi tanggal 12 (Juli) serta tanggal 14 (Juli) Demokrat," sebut Rustang.

"Kami sudah menginformasikan supaya mendaftar lebih awal yang sudah siap. Itu agar menghindari bertumpuknya pendaftar di hari terakhir. Tapi mereka mengatakan masih sibuk melengkapi kelengkapan berkasnya. Karena sesungguhnya partai hanya membawa syarat pencalonan dulu. Tapi tentu mereka tidak mau membawa kalau tidak lengkap syarat calonnya," tutup Rustang. 

Untuk diketahui, KPU telah resmi membuka masa pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten sejak 4 Juli 2018 lalu. Masa pendaftarannya sendiri akan berakhir pada tanggal 17 Juli 2018. (Keto/A)