KPU Sulbar: Rekap Data C1 Bukan Hasil Final

Wacana.info
Ketua KPU Sulbar, Rustang. (Foto/Mursyid Syathir)

MAMUJU-Quick count dan real count sejumlah lembaga survei untuk Pemilukada Mamasa dan Polman, telah merilis hasil perhitungannya. Bahkan, hitung cepat entry data formulir C1 di website KPU untuk kedua Pemilukada ini yang juga sudah rampung 100 Persen.

Meski begitu, Ketua Komisi Pemilihan Umum KPU Sulawesi Barat, Rustang menegaskan, hasil tersebut belum bisa dijadikan patokan untuk diumumkan oleh KPU sebagai hasil final. Proses tahapan rekapitulasi secara manual masih harus dilakukan.

"Kami sudah mendapatkan informasi baik hasil quick dan real count, bahkan hasil hitung cepat C1 di aplikasi KPU yang dipublish di website. Saya katakan itu bisa saja. Tapi secara kelembagaan, kami dari KPU belum bisa berkomentar banyak. Kami bisa menyampaikan pernyataan tentang hasil, ketika sudah ada hasil hitungan manual yang resmi. Hal-hal yang sedang berlangsung (tahapan) itu belum bisa dikeluarkan pernyataan resmi," terang Rustang saat ditemui dalam sebuah kegiatan di d'Maleo hotel Mamuju, Jumat (29/06).

Lebih lanjut, Rustang menjelaskan, rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan (PPK) dan penyampaian hasil rekapitulasi ke KPU Kabupaten bakal dimulai dari 26 dan 28 Juni, hingga 4 Juli 2018. Selanjutnya, rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten akan dilaksanakan mulai 4 hingga 6 Juli 2018.

"Sekarang rekapitulasi sudah berjalan di tingkat PPK. Saya sudah instruksikan kepada seluruh jajaran KPU ke bawah untuk bekerja sesuai dengan mekanisme, tata cara dan jadwal tahapan yang ada. Walaupun hasil hitung cepat KPU di website sudah rampung 100 Persen, tapi itu belum bisa disebutkan, Jangan sampai mempengaruhi image orang," sebutnya.

Hasil Hitung Cepat KPU di Pilkada Polman. (Foto/Istimewa)

Untuk informasi, rekapitulasi entri data C1 di website KPU untuk Pemilukada Mamasa, Ramlan-Martinus meraih perolehan suara sebanyak 61,24 Persen atau 48.618 suara dari 79.394 suara sah. keduanya unggul dari kolom kosong yang meraih 38,78 Persen atau 30.772 suara.

Hasil Hitung Cepat KPU di Pilkada Mamasa. (Foto/Istimewa)

Sementara untuk Pemilukada Polman, Pasangan Calon nomor urut 2, Andi Ibrahim Masdar-Muhammad Natsir Rahmat meraih suara sebanyak 55,34 Persen atau 121.347 suara dari 218.953 suara sah. Sementara Pasangan Calon nomor urut 1, Salim S Mengga-Marwan harus puas dengan raihan 97,922 suara atau 44,66 persen. (Uci/Naf/A)