Anjungan Pantai Manakarra Jadi Pusat Pelaksanaan Shalat Ied, Siapa Imam dan Khatibnya ?

Wacana.info
Pelaksanaan Shalan Ied di Anjungan Pantai Manakarra. (Foto/Youtube; Ahmad Khaldun)

MAMUJU--Seperti pada pelakanaan shalat Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya, Anjungan Pantai Manakarra kembali akan dijadikan pusat pelaksanaan shalat Ied di Mamuju pada hari raya Idul Fitri tahun ini.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mamuju, Muh Rusli Muis menjelaskan, pemilihan Anjungan Pantai Manakarra itu diputuskan dalam rapat yang digelar antara pemerintah kabupaten Mamuju, pemerintah provinsi Sulawesi Barat, serta unsur Muspida.

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil rapat bersama yang kita laksanakan beberapa waktu lalu, disepakati Salat Idul Fitri kembali dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju," ungkap Muh. Rusli Muis, (12/06).

Muis mengaku, hingga kini, pihaknya terus mematangkan persiapan pelaksanaan shalat Ied. Dalam proses persiapan itu, kata dia, PHBI Mamuju juga bekerja sama dengan pemerintah provinsi, TNI-Polri dan pihak-pihak lainnya.

Lalu, siapa yang akan didaulat sebagai imam dan khatib pada pelaksanaan shalay Idul Fitri tersebut ?.

"Insya Allah bertindak sebagai Imam yakni Imam Masjid Suhada Mamuju, Ustaz Muhammad Ihsan Adnan. Sementara khatib adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Dr. H. Syamsuhri dan Munadi adalah Sulaiman pegawai bagian Humas dan Protokoler Pemkab Mamuju," urai Muis.

Jumlah jamaah yang akan memadati Anjungan Pantai Manakarra pada pelaksanaan shalat Ied nanti diperkirakan mencapai Lima Ribu orang. Menurut Rusli, seluruh masjid-masjid yang ada dalam Kota Mamuju telah diundang agar menunaikan Salat Ied secara bersama-sama di Anjungan Pantai Manakarra.

"Kita juga tetap akan melaksanakan takbir keliling, yang rencananya akan kita mulai dari lapangan Ahmad Kirang Mamuju. Acara takbir keliling ini, rencananya juga akan dilombakan, sekaligus kita kembali akan ingatkan agar semua masjid memusatkan Salat Idulfitri secara bersama-sama di Anjungan Pantai Manakarra," Rusli menambahkan.

"Pemerintah juga akan melaksanakan halalbihalal atau 'open house' akbar usai pelaksanaan Shalat Ied di sepanjang Jl. Yos Sudarso dan sekitaran Anjungan Pantai Manakarra. Juga akan disiapkan tenda-tenda, termasuk makanannya. 

"Kita berharap semua berjalan dengan hikmat dan lancar. Kepada warga kita himbau agar bersama-sama menunaikan Salat Idul Fitri di Anjungan," tutup Muh Rusli Muis. (*/Naf)