Tim Python untuk Deteksi Potensi Kejahatan Jelang Lebaran

Wacana.info
Konfrensi Pers Pemkab Mamuju. (Foto/Lukman Rahim)

MAMUJU--Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rivai Arvan memberi jaminan keamanan kepada masyarakat utamanya jelang hari raya Idul Fitri 1439 H tahun ini.

Pihaknya bahkan telah menyiapkan tim python sebagai satuan khusus yang akan bergerilia menyasar titik potensi gangguan Kamtibmas.

"Tim python yang saya bentuk. Itulah yang jalan ke sana-kemari, mendeteksi kejahatan, dianalisa oleh mereka," ungkap Rivai Arvan di hadapan puluhan awak media dalam konfrensi pers bersama pemerintah kabupaten Mamuju di ruang rapat Kantor Bupati Mamuju, Kamis (7/06).

Aparat kepolisian, lanjut Rivai, juga akan mengandeng TNI serta Kesatuan Brimob Polda Sulawesi Barat untuk memaksimalkan tugas tim phyton.

"Responnya itu ialah Patroli. Itu di back up Patmor. Di samping itu kami juga dibantu teman-teman Brimob yang ada. Itu salah satu upaya prepentif," sambungnya.

Salah satu titik fokus yang menjadi pantauan keamanan, urai Rivai, adalah rumah warga yang bakalan kosong ditinggal mudik oleh pemiliknya. Peran Bhabikamtibmas dalam memantau keamanan masyarakat juga akan lebih diintensifkan.

"Itu juga sudah saya antisipasi. Caranya adalah menggandeng kekuatan potensi masyarakat yang ada di sana. Apa itu, Bhabikamtibmas yang menggedor masyarakat sekitar. Itu yang saya anjurkan kepada teman-teman Bhabikamtibmas untuk menggedor potensi-potensi masyarakat yang mendukung keamanan. Salah satunya RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang mungkin tidak pulang kampung lebaran," pungkas Muhammad AKBP Rivai Arvan. (Keto/B)