Anwar Gabung NasDem serta PAN yang Harus Kecewa

Wacana.info
Surya Paloh Mengenakan Jaket NasDem ke Anwar Adnan Saleh. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Mantan Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh resmi berseragam NasDem. Spesialnya, ketua umum partai NasDem, Surya Paloh sendiri yang secara langsung mengenakan almamater partai restorasi Indonesia itu ke Anwar Adnan Saleh pada pelantikan pengurus DPW NasDem Sulawesi Barat akhir pekan kemarin.

"Dan hasilnya adalah, dengan izin Allah, Bismillahirrahmanirrahim, hari ini Sabtu 24 Maret pukul 16.00, saya nyatakan, saya memenuhi harapan sahabat saya, Pak Surya Paloh untuk bergabung dengan partai NasDem," tegas Anwar saat berpidato di podium utama pada acara yang digelar di ball room d'Maleo hotel Mamuju, akhir pekan kemarin.

Pernyataan sikap dari sosok mantan politisi Golkar itu nyatanya sanggup menghentakkan dapur redaksi dari sejumlah media khususnya di Sulawesi Barat. Bukan apa-apa, belum genap seminggu lalu, Anwar telah dikabarkan bersedia untuk dicalonkan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk salah satu kursi di DPR RI pada Pileg 2019 mendatang.

Lantas, apa tanggapan pengurus PAN pasca penegasan sikap politik Anwar Adnan Saleh di atas ?.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPW PAN Sulawesi Barat, Arman Salimin mengaku ikut terkejut dengan sikap politik dari Anwar tersebut. Ia baru mengetahuinya dari berita salah satu media.

"Nah itu dia. Saya juga kaget Beliau sudah berbaju NasDem. Saya datangi Beliau di rumahnya, dan beliau benarkan. Alasannya, Beliau meihat situasi poltik nasional sehingga Beliau memutuskan ke NasDem," ujar Arman Salimin.

Kepada WACANA.Info, Arman; Plt Wakil Ketua DPRD Sulawesi Barat itu tak mampu menyembunyikan kekecewannya atas keputusan hengkang dari Anwar Adnan Saleh itu.

"Pastilah kecewa. Kami berharapnya, sebagai tokoh senior di Sulbar, siapa sih partainya yang tidak ingin disinggahi oleh Pak Anwar. Jadi pasti kecewa. Tapi kami tidak mungkin memaksakan keputusan politik sesorang," ungkap Arman Salimin.

Meski resmi ditinggal Anwar, Arman Salimin tetap optimis PAN bakal tetap meraup suara signifikan di Pileg 2019 mendatang.

"Secara kelembagaan, itu tidak akan membuat kami surut berkerja. Kami raih unsur pimpinan di Pileg yang lalu juga tanpa Pak Anwar. Semangat kita tidak akan surut," pungkas Arman Salimin. (Naf/A)