Pemimpin Harus Lebih Hebat dari yang Dipimpin, Surya Paloh Minta Gubernur dan Wakilnya Tetap Kompak

Wacana.info
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Kehadiran ketua umum partai NasDem di Mamuju, Sulawesi Barat disambit meriah oleh jajaran DPW NasDem Sulawesi Barat. 

Di d'Maleo hotel Mamuju, akhir pekan kemarin, Surya Paloh secara resmi melantik Habsi Wahid sebagai Ketua DPW NasDem Sulawesi Barat beserta pengurus NasDem Sulawesi Barat lainnya.

Saat membawakan orasi politiknya, Surya Paloh banyak menyinggung soal kondisi kekinian bangsa Indonesia. Pria brewokan itu pun membeberkan kriteria seorang pemimpin yang ideal.

"Menjadi seorang pemimpin itu punya konsekuensi. Pemimpin itu harus lebih hebat dari siapa yang dipimpinnya. Bagaimana mungkin kapasitas yang dipimpin lebih baik dari pemimpinnya ?," tutur Surya Paloh di hadapan ribuan kader dan simpatisan NasDem Sulawesi Barat yang sempat hadir.

Menurut Surya Paloh, tak jarang yang terjadi di Indonesia justru sebaliknya. Kondisi tersebut akan membuat kondisi bangsa kian terpuruk.

" Itulah kondisi kita saat ini. Banyak pemimpin, tapi belum tentu dialah pemimpin yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Betul dia Menteri, dia Gubernur, dia Bupati. Tapi kalau kita pikir-pikir, ini sepertinya ada yang salah," ujar Surya Paloh dengan gaya bicaranya yang begitu khas.

Secara khusus, pimpinan Media Grup itu juga berpesan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat untuk senantiasa menjaga keselarasan di antara satu dengan yang lainnya dalam memimpin pemerintahan di Sulawesi Barat.

"Harus tetap kompak. Kekompakan penting, dan rakyat membutuhkan itu," pungkas Surya Paloh. (Naf/A)