Sosialisasi Pilkada, KPU Polman Gelar Cerdas Cermat

Wacana.info
Lomba Cerdas Cermat KPU Polman. (Foto/Harun Mangkulangit)

POLMAN--Sebanyak 33 Tim dari sejumlah sekola menegah atas di Polman mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang digelar KPU Polman, Selasa kemarin.

Ketua Panitia LCC, Syaifuddin menuturkan, kegiatan tersebut merupakan upaya KPU untuk mensosialiskan kepada generasi muda tentang gelaran Pemilukada di Polman. Menurutnya, kegiatan itu bukan bertujuan pada persoalan memilih atau tidak memilih. Tapi bagaiamana menentukan masa depan bangsa terkhusus di Polman lewat gelaran Pemilukada.

"Pertama adalah mata rantai politik uang. Kelak, ketika anak-anak kita ini ingin menjadi pemimpin itu bisa meretas yang namanya politik uang. Karena itu adalah korupsi yang masih belum bisa diberantas sampai hari ini, sebab sudah mendarah daging. Kemudian yang kedua dalam acara ini kita ingin mengajarkan bahwa dalam memilih pemimpin itu adalah sesuatu yang wajib maka kita ingin menolak yang namanya Golput," kata Syaifuddin dalam sambutan pembukaan LCC.

"Ketiga, target dalam kegiatan ini adalah kita ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa lembaga KPU adalah lembaga yang sangat penting menentukan peradaban agar generasi kita ini mau memasuki ruang-ruang ini. Sejatinya KPU kedepam mesti diisi dengan orang-orang yang bermoral," sambungnya.

Syaifuddin pun mengakhiri sambutannya dengan mengutip pepatah Ali bin Abi thalib

"Ketika sebuah kejahatan di manajemen dengan baik, dia akan mengalahkan kebaiakan yang tidak dimanajemen dengan baik", pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Polman, M Danial menjelaskan, tersebut adalah bagian dari strategi KPU dalam mendorong partisipasi pemilih terkhusus bagi kalangan pemilih pemula 

"Kalau melihat data statistik kemarin sewaktu pemilihan Gubernur, data pemilih di Polman itu 301.325 pemilih dalam daftar Pemilih Tetap. Ada 12.484 yang merupakan pemilih pemula," sebutnya.

M Danial menambahkan, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilih pemula tahun 2018 di Pemilukada Polman 2018 ini cukup tinggi, sehingga dipandang perlu bagi KPU untuk selalu membangun kesadaran politik.

"Dari data sementara DP4 yang kemarin telah dilakukan Coklit oleh petugas di lapangan PPDP, dari 395. 679 penduduk di Polman ada 13.650 sekian itu adalah Pemilih Pemula," tutup M Danial. (Harun Mangkulangit)