Selamatkan Biota Laut Terdampar, DKP Bikin Bimtek

Wacana.info
Ilustrasi. (Foto/Net)

Laporan: Rusman Rusli (Staf DKP Subar)

MAMUJU--Demi upaya penyelamatan biota laut terdampar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Barat menggelar Bimbingan Teknis dari 14 sampai 15 Nopember 2017. 

Kegiatan tersebut dikerjasamakan dengan Balai Pengelolaan Sulberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar. Selain memberikan penjelasan teori, metode praktek pun dilakukan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan dasar bagi peserta dalam hal penanganan biota laut terdapar khususnya di wilayah perairan Sulawesi Barat. 

“Kegiatan ini kami harapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan dasar bagi peserta dalam hal penanganan biota laut terdampar. Mengingat semakin meningkatnya aktifitas lepas pantai yang berakibat pada terancamnya sistem migrasi biota seperti paus, dugong, lumba-lumba dan biota laut lainnya yang masuk dalam list biota laut langka dan dilindungi,”jelas Kabid Perikanan Tangkap dan PRL, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Sulawesi Barat, Drs. Abd. Jalil. 

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memberi penguatan kepada semua pihak tentang pentingnya upaya penyelamatan biota laut yang terdampar.

“15 Persen mamalia laut yang terdampar dalam kondisi hidup dan berpeluang dapat diselamatkan, namun lambannya penanganan dan kesalahan dalam penanganan dapat menyebabkan kegagalan dalam penyelamatannya. Bahkan bangkai yang dibiarkan rentan menjadi sumber penyakit, terkhusus bagi masyarakat di sekitar lokasi biota laut yang terdampar,” terang Kepala BPSPL Makassar, Raden Andry indryasworo Sukmoputro.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan salah seorang peneliti mamalia laut berkebangsaan Belanda, Danielle Creb. Dan diikuti oleh peserta dari TNI, Lanal Mamuju, basarnas Sulawesi Barat, BPBD provinsi dan kabupaten, serta dari Dinas Kelautan dan Perikanan di 5 Kabupaten Pesisir. 

Selain dibekali kemampuan dasar dalam mengangani biota laut terdampar, peserta juga menerima sertifikat/pin sebagai first responder atau perpanjangan tangan bagi BPSPL Makassar dalam memberikan penanganan awal. Selain informasi kepada BPSPL Makassar perihal jenis biota laut yang ada di wilayah perairan Sulawesi Barat. 

Bagi masyarakat yang mengetahui bahkan menemukan biota laut seperti yang dimaksud diatas, dapat segera menghubungi No : (0411) 371337, twitter @bpspl_makassar, fb : Tag BPSPL Makassar, email : bpsplmakassar@yahoo.co.id, WA : 081319126341 (Nandar), 085215284676 (Rizal). Atau dapat langsung ke Kantor BPSPL Makassar, Jl. Makmur Dg Sitakka No. 129 Kab. Maros. (*/Naf)