Catat, Ini Janji Gubernur di Kepulauan Bala Balakang

Wacana.info
Kunjungan Gubernur Sulbar ke Kepulauan Bala Balakang. (Foto/Humas Pemprov Sulbar)

MAMUJU--Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar bersama Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Pol Baharuddin Djafar serta rombongan bertandang ke Kepulauan Bala Balakang, Kamis (02/11). 

Rombongan tersebut bertolak ke wilayah perbatasan Kalimantan Timur itu via KP Siamasei, Kapal Patroli milik Satpolairud Polda Sulawesi Barat.

Dikutip dari rilis media yang diterima WACANA.Info, Gubernur menyempatkan diri berdialog dengan warga Bala Balakang. Pada kesempatan itu, Ali Baal berjanji bakal menyelesaikan sejumlah masalah yang tengah di hadapi masyarakat di sana.

“Semua yang dikeluhkan oleh masyarakat Bala Balakang akan kami realisasikan,” kata Ali Baal.

“Dalam waktu dekat ini, saya akan bertemu dengan Gubernur Kaltim untuk membahas pembagian hasil bumi 
yang ada di Sulbar. Tetapi untuk klaim Pulau Lere-Lerekang sebagi milik Kaltim, itu tidak akan pernah terjadi karena Lere-Lerekang mutlak milik Sulbar,” sambungnya.

Mantan Bupati Polman itu juga mengungkapkan, Pemerintah Provovinsi di masa mendatang akan membuat wilayah konservasi untuk pulau yang kosong menjadi tempat wisata. Tak hanya itu, pihaknya pun berupaya agar pulau-pulau di Sulawesi Barat ini bisa mendapatkan air bersih.

“Pemprov Sulbar saat ini telah menganggarkan dana untuk pembuatan perahun sandeq sebanyak 20 unit dan kemudian disalurkan kepada masyarakat untuk digunakan mencari ikan di laut,” kata Ali.

“Untuk tenaga kesehatan dan pendidikan, akan kami buatkan sarana tempat tinggal dengan ukuran type 80 agar betah di tempat kerjanya,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga sempat terlibat dalam penandatanganan MoU 4 pilar; Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Penyuluh Kemenag dalam rangka mendukung percepatan pembangunan desa.

Ali Baal dihadapan masyarakat juga berjanji akan melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat soal pengadaan tower jaringan.

“Tahun depan kesejahteraan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik akan kami realisasikan. Untuk nelayan yang membutuhkan mesin katinting maka hari ini silahkan daftarkan dan akan direalisasikan,” pungkas Ali Baal Masdar. (*/Naf)