Rossi dan Vinales Luar Biasa, Tapi Marques Tetap Raja di Sachsenring

Wacana.info
Juara GP Jerman, Marq Marquez. (Foto/Hendrik Schmidt/dpa via AP)

JERMAN--Gelaran MotoGP di sitrkuit Sachsenring Jerman, Minggu kemarin kembali mempertontonakan balapan seru. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales cukup perkasa, meski rider Honda, Marc  Marc Marquez kokoh sebagai penguasa di Sachsenring.

Mengakhiri sesi kualifikasi dengan buruk, Rossi dan Vinales harus puas mengawali balapan dari posisi 9 dan 11. Sementara trio pembalap yang mengisi row terdepan pada balapan tersebut masing-masing diisi oleh Marc Marquez, Danilo Petrucci, serta Dani Pedrosa.

Dikutip dari detikcom, saat balapan di sirkuit Sachsenring, dimulai, Marquez yang meraih pole position langsung mempertahankan posisinya itu dari kejaran Dani Pedrosa dan Danilo Petrucci. Lompatan bagus dibuat Lorenzo yang start dari posisi keenam untuk langsung berada di posisi ketiga.

Lap pertama berlalu, Marquez masih diikuti Pedrosa dan Lorenzo. Lalu ada Folger, Petrucci, dan Rossi membuntuti barisan terdepan tersebut.

Barulah di lap keempat, Folger baru bisa melewati Lorenzo yang seperti kehilangan kecepatannya sedari awal balapan. Publik Sachsenring pun bersorak sorai ketika Folger berada di posisi tiga terdepan.

Posisi Lorenzo pun lantas melorot setelah dilewati Petrucci satu lap setelahnya dan kemudian Rossi.

Pergantian di posisi terdepan terjadi pada lap keenam ketika Folger menyalip Marquez dari sisi kiri dan kemudian memimpin balapan. Di belakang Folger, Marquez dan Pedrosa setia membuntuti.

Sementara Lorenzo yang punya start bagus makin lama makin menurun posisinya dilewati Andrea Dovizioso, Vinales, dan beberapa pebalap lainnya.

Marquez merebut lagi pimpinan balapan pada lap ke-11 ketika dia menyalip Folger. Sementara Pedrosa tetap setia di posisi ketiga dan menjaga jarak dengan pebalap di belakangnya.

Rossi, Dovizioso, dan Maverick Vinales di lap ke-15 bersaing ketat memperebutkan posisi keempat. Vinales setelah start buruknya mampu bangkit untuk melewati beberapa pebalap di depannya. Lorenzo, sebagai sedikit pebalap yang menggunakan ban soft, kehilangan daya cengkram dan akhirnya melorot jauh ke posisi ke-11 pada lap ke-17.

Marquez sendiri masih disibukkan oleh Folger yang terus membuntutinya di lap ke-22 dan Pedrosa terlihat mengamankan posisinya di urutan ketiga. Sementara Vinales, Rossi, dan Dovizioso masih saja sengit memperebutkan posisi keempat.

Persaingan itu tinggal Vinales dan Rossi pada lap ke-23 ketika Dovizioso disalip oleh Alvaro Bautista, untuk kemudian melorot ke posisi ketujuh. Vinales dan Rossi masih sengit bersaing untuk memperebutkan posisi keempat.

Marquez masih terus mempertahankan jarak yang begitu tipis dengan Folger di posisi kedua, yakni di bawah 0,5 detik. Sampai akhirnya Marquez mampu jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis disusul Folger dan Pedrosa.

Wajar jika menyebut Marquez sebagai raja di Sachsenring. Pasalnya, bagi rider Spanyol tersebut, podiumnya kali itu merupakan yang keempat kali secara beruntun di Jerman sejak debut MotoGP pada 2013 dan yang kedelapan sejak membalap di Moto3 pada 2010. (*/Naf)