Gubernur Punya Mau, Pengelolaan Baznas di Sulbar Seperti di Polman

Wacana.info
Ali Baal Masdar Saat menghadiri Acara Penyerahan Zakat. (Foto/Lukm,an Rahim)

MAMUJU--Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menyimpan harapan besar terhadap pengelolaan zakat di daerah ini. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Barat, kata Ali Baal akan lebih profesional lagi jika dikelola layaknya sistem yang diterapkan BAZ di Polman.

"Kalau bisa, seluruh karyawan di sini (Baznas Sulawesi Barat) dibuatkan pelatihan. Seperti yang pernah saya lakukan di Polman. Saya kirim ke Malaysia, karena di sana bagus pengelolaan zakatnya," sebut Ali Baal dalam sambutannya saat menghadiri acara penyerahan zakat kepada ratusan mustahik (penerima zakat) di Kantor Baznas Sulawesi Barat, kemarin.

Mantan Bupati Polman itu juga mengaku bakal berupaya maksimal untuk membantu Baznas Sulawesi Barat melengkapi sarana dan prasarana di kantor. Harapannya, Baznas di masa menatang bisa menjadi menjadi penyalur bantuan khususnya yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat. 

"Kita ingin peruntukanya untuk membiayai sekolah anak-anak bapak dan ibu, supaya lebih pintar," kata Ali Baal.

Untuk mewujudkan hal itu, Ali Baal berencana membuka komunikasi dengan berbagai pihak, terlebih kepada lembaga swasta maupun pihak pemerintah agar terlibat mewujudkan harapan Baznas Sulawesi Barat agar bisa meraih predikat terbaik se Indonesia.

"Bahkan terbaik di dunia. Olehnya saya mau ajak seluruh BUMN dan BUMD untuk bayar zakat di sini, begitu," sebutnya.

Ia juga menyinggung upaya peningkatan kapasitas pegawai di Baznas. Menurutnya, mesti ada kemajuan untuk membuat sistem yang terpadu. Tujuannya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Harus online. Jadi kita bisa tahu ini-ini yang dapat bantuan, ini yang belum dapatkan begitu," pungkas Ali Baal Masdar. (Keto/A)