Tuai Kritikan, Target PAD Mamuju Diyakini Bakal Tercapai

Wacana.info
Konfrensi Pers Pemkab Mamuju. (Foto/Nasrullah Yasin)

MAMUJU--Pemerintah kabupaten Mamuju tetap optimis bakal mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jerlang tutup buku tahun 2017 ini.

Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari menyebut, kritikan yang menyertai paparan PAD Mamuju hingga semester pertama 2017 ini adalah hal yang biasa. Pihaknya berkeyakinan, pemerintah daerah mampu mencapau target PAD 100 Persen.

"Sekarang PAD kita 41 Persen jika hitungannya statistik dilipatkan menjadi 82 Persen itu hitungan kelipatan. Tapi kami yakin akan mampu mencapai 100 Persen, malahan lebih," jelas Irwan dalam konfrensi pers di kantor Bupati Mamuju, Selasa (20/06).

Diberitakan sebelumnya, paparan PAD yang disampaikan sejumlah OPD lingkup pemerintah kabupaten Mamuju menuai kritikan dari DPRD. Lembaga legislatif itu menganggap, capaian PAD pemerintah masih jauh dari target yang telah ditetapkan.

Menurut Irwan, pemerintah kabupaten Mamuju berencana untuk melakukan penaganan khusus dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk menggenjot capaian PAD.

"Kami akan melibatkan aparat dari Dandim saat melakukan penarikan retrtibusi, dan langkah persuasif lainya yang sifatnya humanis," kata Irwan.

Satgas yang dimaksud, kata irwan direncanakan akan dibebani tugas untuk mengkaji secara mendalam penyebab terhabatnya pungutan retribusi dimasyarakat. Itu penting dengan harapan, pemerintah dapat lebih mudah merumuskan langkah-langkah untuk mencapai target PAD di akhir tahun.

"Mudah-mudahan bukan ketakaburan. Insya Allah di atas 100 Persen kita bisa capai PAD kita tahun ini," pungkas Irwan Pababari. (Keto/A)